Skip to content

CATATAN

Rekaman Layanan Jasa

Fasilitasi Pelatihan Outcome Harvesting kepada Mitra Pelaksana Koalisi Adaptasi

Program Amplifying Voices for Just Climate Actions (AVJCA) yang didukung oleh Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial (Hivos-Indonesia), merupakan program untuk memperkuat suara-suara untuk aksi iklim yang adil dengan cara melakukan meningkatkan kapasitas kelompok/organisasi masyarakat sipil lokal dan kelompok marjinal di wilayah sasaran program, Akuisisi narasi media lokal dan pengembangan hubungan dengan media nasional dan jaringan advokasi OMS, Pengelolaan, penciptaan, pertukaran pengetahuan dan kearifan lokal dalam skala nasional.

Kegiatan Pelatihan Outcome Harvesting merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat mitra pelaksana koalisi adaptasi dalam menggunakan metode Outcome Harvesting yang dipilih sebagai salah satu metodologi yang akan digunakan untuk mengidentifikasi, merumuskan, memverifikasi, serta memahami tingkat pencapaian dalam program AVJCA. Outcome Harvesting (OH) atau Pemanenan Hasil adalah Mekanisme monitoring dengan melakukan identifikasi, formulasi, analisis, dan interpretasi hasil untuk menjawab pertanyaan siapa mengubah apa, kapan dan di mana serta bagaimana dipengaruhi oleh kegiatan program. Penyusunan OH dapat mencakup perubahan perilaku, hubungan, tindakan, aktivitas dan kebijakan karena intervensi program yang dijalankan oleh aliansi dan para mitranya.

Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis, 21 April 2022 dengan melibatkan peserta pelatihan yang berasal dari mitra pelaksana yang termasuk dalam Koalisi Adaptasi yang terdiri dari Yayasan Penabulu sebagai lead koalisi dan Perkumpulan Yapeka, Yayasan Koordinasi Pengkajian & Pengelolaan Sumber Daya (Koppesda), dan Yayasan Lembaga Pengembangan Masyarakat Lembata (Barakat).

Kegiatan dilakukan selama satu hari dengan menggunakan platform daring. Pada kegiatan ini, Deden Ramadani memberikan materi tentang dasar-dasar outcome harvesting serta memfasilitasi pelatihan langsung untuk menuliskan outcome harvesting berdasarkan implementasi program yang telah dilakukan, materi tersebut bisa diunduh disini: OH Training Deck.

Hasil pelatihan ini diharapkan dapat membantu mita pelaksana untuk mencatat dan merefleksikan perubahan-perubahan yang terjadi serta mengidentifikasi kontribusi dari aktivitas yang dilakukan selama implementasi program AVJCA di Nusa Tenggara Timur.

Mitra pelaksana antusias terhadap salah satu metode dalam melakukan monitoring dan evaluasi capaian program yang telah dilakukan. Sebagian besar peserta belum pernah mendapatkan pelatihan tools untuk melakukan monitoring dan evaluasi capaian program. Bagi sebagian besar peserta, outcome harvesting merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menangkap perubahan yang terjadi pada konteks implementasi program serta merefleksikan kontribusi yang telah dilakukan atas capaian tersebut. Sehingga, mereka dapat meninjau ulang strategi implementasi yang telah dilakukan selama ini.

Tantangan dalam proses pembelajaran ini adalah karena dilakukan melalui platform daring, maka bagi mitra pelaksana yang berada di wilayah rural atau mengalami kesulitan menjangkau internet, proses pembelajaran tidak berjalan dengan maksimal.