Skip to content

Zainul Mustofa, S.E.

Zainul Mustofa, S.E.

“Berkembang”
Keahlian Keorganisasian:
Administrasi dan Kesekretarian, Kampanye dan Advokasi, Kemitraan dan Pelibatan Para Pihak, Mobilisasi Sumber Daya, Pengelolaan SDM, Perencanaan Strategis, Siklus Pengelolaan Proyek
Keahlian Tematik:
Kesehatan Masyarakat, Keselamatan dan Keamanan, Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Penanggulangan Bencana, Pengorganisasian Komunitas/ Masyarakat

Keterampilan Bahasa Inggris:

Listening:

Sedang

Reading:

Sedang

Speaking:

Sedang

Writing:

Sedang
Zainul kuliah di Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi dan lulus di tahun 2006, lalu pada 2011-2012 bekerja di beberapa perusahaan profit dalam bidang pertanian yaitu sebagai koordinator desa dalam pembenihan jagung Pioneer PT. Duppont saat ini bernama PT. Corteva.

Pada tahun 2014 – 2016, bergabung dengan Save the Children Indonesia dalam program BADUTA di Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Selama periode ini, mendapatkan berbagai pelatihan, mulai dari Child Safe Guarding, Nutrisi Ibu Bayi sehingga menjadi seorang konselor ASI, mengikuti ToT IYCF/PMBA dan menjadikan saya seorang fasilitator dan Fasilitator Emo Demo.

Karena kemampuan saya di program BADUTA sebagai seorang Fasilitator PMBA dan Emo Demo yang dilatih oleh Save the Children pada tahun 2017-2019, saya diminta bergabung dalam tim respons darurat gempa bumi di Kabupaten Lombok Utara dan Kota Mataram, Provinsi NTB. Disinilah awal saya terjun dalam respons darurat dan dapat berkembang. Dengan kemampuan yang saya miliki, saya mendapatkan tantangan untuk mengaplikasikan metode PMBA dalam situasi umum menjadi PMBA dalam situasi darurat, yang saat ini dikenal dengan IYCF in Emergency.

Dengan menjalankan program revitalisasi posyandu dalam bidang peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dan kader posyandu di Kecamatan Bayan serta implementasinya kepada masyarakat selama 16 bulan, saya dikenal sebagai tim kesehatan & gizi STC. Saya selalu dilibatkan dalam respons bencana banjir dan gempa di Jakarta dan Kabupaten Bogor pada tahun 2020, serta di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat pada tahun 2021.

Pada 2021-2022, karena kondisi COVID-19, saya berwirausaha sendiri. Pada tahun 2022-2024, saya bergabung kembali dengan Save the Children dalam program BISA untuk penanganan Stunting di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, dengan konsentrasi yang sama dalam bidang Nutrisi, yaitu PMBA/IYCF dan Emo Demo. Kali ini, saya tidak hanya bekerja dengan komunitas kader dan tenaga kesehatan, tetapi juga mengintervensi sekolah setingkat SMP. Di sini, saya belajar banyak, terutama dalam memperdalam ilmu PMBA dan emo demo, serta belajar tentang advokasi kepada pemerintah kabupaten hingga level desa. Saya mendapatkan hasil yang luar biasa dalam advokasi anggaran desa untuk penanganan stunting.

 

Publikasi

Saat ini masih dalam penjajakan beberapa organisasi di Jawa Timur