Skip to content

Subronto Aji

Jenis Layanan:
,

Subronto Aji

“Segala sesuatu terlihat tak mungkin sampai itu terjadi – Nelson Mandela”
Keahlian Keorganisasian:
Kepemimpinan, Pengelolaan Pengetahuan, Studi dan Riset
Keahlian Tematik:
Pemberdayaan Desa, Pengorganisasian Komunitas/ Masyarakat, Seni dan Budaya

Keterampilan Bahasa Inggris:

Listening:

Sedang

Reading:

Sedang

Speaking:

Sedang

Writing:

Sedang

Subronto Aji adalah seorang profesional yang memiliki ketertarikan kuat pada ilmu-ilmu sosial, khususnya Sosiologi Kritis, Teori dan Metodologi Pemberdayaan, serta Teori Kritik Pembangunan dan Pengorganisasian Masyarakat.

Sejak tahun 2013, Subronto telah mengabdikan dirinya sebagai pengorganisir komunitas di berbagai wilayah, antara lain di DAS Katingan, Kalimantan Tengah dan Proyek Kelola Sendang di Sumatera Selatan. Dalam perannya, ia telah menunjukkan keahlian yang luas, di antaranya sebagai Fasilitator Keuangan Mikro bagi Kaum Perempuan Pedesaan, Koordinator Kecamatan Community Development-Restorasi Ekosistem, Koordinator Tim untuk Perhutanan Sosial, serta Fasilitator Perencanaan Tata Guna Lahan.

Subronto telah bekerja sama dengan beberapa organisasi terkemuka, seperti Yayasan Puter Indonesia, Wetland Internasional, PT. Rimba Makmur Utama, Zoological Society, dan KPHL. Dalam berbagai proyek yang dikelolanya, Subronto telah menunjukkan kemampuan sebagai fasilitator yang andal dalam bidang pemberdayaan masyarakat, pengelolaan sumber daya alam, dan mitigasi bencana.

Selain itu, Subronto juga memiliki ketertarikan pada isu-isu digitalisme, khususnya diskursus surveillance capitalism dan perlawanan virtual. Ia telah berkontribusi sebagai penulis pada buku “Make It Happen! Perjalanan Satu Dasawarsa Bentara Papua (2012-2022)” yang diterbitkan oleh Perkumpulan Bentara Papua.

Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang solid, Subronto Aji terus berjuang untuk memperkuat kapasitas masyarakat pedesaan, mendorong pengelolaan sumber daya alam yang lebih berkelanjutan, serta mempromosikan transformasi sosial yang lebih adil dan inklusif.

Afiliasi Organisasi: Penabulu-STPI Sub Recipient Jawa Barat

Konsorsium Komunitas Penabulu-STPI yang bekerja untuk eliminasi TBC di 34 Provinsi di Indonesia.