Skip to content

Nurul Saadah Andriani

Jenis Layanan:
, , , ,

Nurul Saadah Andriani

“Saya seorang perempuan penyandang disabilitas yang mempunyai kapasitas & berdaya. “
Keahlian Keorganisasian:
Kampanye dan Advokasi, Kemitraan dan Pelibatan Para Pihak, Kepemimpinan, Mobilisasi Sumber Daya, Perencanaan Strategis, Siklus Pengelolaan Proyek, Studi dan Riset, Tata Kelola Organisasi
Keahlian Tematik:
GESI, HAM dan Bantuan Hukum Kebijakan Publik, Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Penanggulangan Bencana, Pengorganisasian Komunitas/ Masyarakat, Perburuhan dan Ketenagakerjaan

Keterampilan Bahasa Inggris:

Listening:

Sedang

Reading:

Sedang

Speaking:

Sedang

Writing:

Sedang

Nurul berlatar belakang pendidikan hukum, seorang yang lulus dari Magister Hukum Ketatanegaraan dari UGM. Seorang yang cukup bersemangat untuk belajar dan menuntut ilmu, sangat terbuka untuk pengetahuan/pengalaman baru dari berbagai pihak, tetapi sebagaimana orang Jawa yang tidak terlalu mau menonjolkan diri, dan bersikap santun untuk berkomunikasi. Nurul terlatih bekerja keras dan dapat menerima perbedaan dengan positif.

Nurul merupakan seorang leader dalam organisasi, dengan memimpin sebuah lembaga SAPDA hampir 20 tahun, dengan sistem manajemen yang terbuka & inklusi serta mendorong peningkatan kapasitas staf. Merupakan pemimpin yang mampu mendistribusikan kewenangan sekaligus memastikan tim kerja mempunyai kemampuan yang bagus dalam isu GEDSI dari perspektif ataupun skill.

Sebelum bekerja di SAPDA, Nurul bekerja untuk isu perempuan, buruh perempuan, dan juga pendampingan hukum, setelah itu mengawinkan isu disabilitas dengan kesehatan reproduksi, anggaran & pembangunan serta sistem peradilan di Indonesia. Merupakan pemimpin dengan efisiensi dan efektivitas bekerja yang baik dengan lebih fleksibel yang ramah terhadap kondisi perempuan & anak.

Nurul merupakan konsultan untuk isu GEDSI untuk kementerian kesehatan, KPPPA, UNFPA, Kompak, SKALA, dan berbagai pihak lain baik pemerintah dan non pemerintah.

Nurul tertarik untuk menghubungkan isu disabilitas, perempuan & anak dengan isu-isu lain yang penting. Ada keterbatasan untuk melakukan aktivitas di daerah pedesaan dengan medan yang ekstrem karena kondisi disabilitas yang mempunyai hambatan fisik yang mempengaruhi mobilitas.

 

Afiliasi Organisasi: Yayasan SAPDA

SAPDA merupakan sebuah lembaga yang bekerja untuk perempuan disabilitas dan anak, mempunyai unit yang bekerja untuk layanan penanganan kasus, menjalankan riset-riset terkait perempuan, disabilitas & anak dalam sektor-sektor penghidupannya, mengembangkan berbagai media advokasi yang aksesibel. Yayasan SAPDA sudah berdiri dari tahun 2005, dan bertempat kedudukan di Yogyakarta. Bekerja dengan bermitra dengan pemerintah dan non pemerintah. Mendapat dukungan pendanaan dari DFAT melalui program AIPJ, Koneksi, serta berbagai program lain.