Skip to content

Kartika Pamungkas

Jenis Layanan:
, , ,

Kartika Pamungkas

“Carpe Diem. Seize the day!”
Keahlian Keorganisasian:
Kemitraan dan Pelibatan Para Pihak, Kepemimpinan, Komunikasi dan Media Sosial, Perencanaan Bisnis, Studi dan Riset
Keahlian Tematik:
Kemitraan Publik-Swasta-Komunitas, Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Pendidikan dan Vokasi, Seni dan Budaya

Keterampilan Bahasa Inggris:

Listening:

Tinggi

Reading:

Tinggi

Speaking:

Tinggi

Writing:

Tinggi
Kartika Pamungkas adalah seorang Branding and Marketing Communication Specialist yang kreatif dan terorganisir. Dengan latar belakang komunikasi pemasaran dan antropologi, Kartika memiliki keahlian dalam pemecahan masalah kreatif serta kemampuan untuk mengenali tren baru. Semangat belajar dan berkembang menjadi motivasi utamanya, yang mendorong keterlibatan mendalam dalam proyek-proyek strategis dan kreatif yang diselesaikan tepat waktu.

Sebagai seorang profesional yang berorientasi pada hasil, Kartika bertujuan untuk mengembangkan strategi sukses dalam meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan perusahaan atau organisasi. Dalam melakukan pekerjaannya, Kartika selalu berusaha memberikan dampak positif bagi orang-orang di sekitarnya. Kombinasi keahlian, semangat, dan tujuan yang jelas menjadikan Kartika seorang Branding and Marketing Communication Specialist yang efektif dan berdampak.

Sejak tahun 2017, Kartika Pamungkas telah menjadi bagian dari Yayasan Inspirasi Indonesia sebagai Peneliti Senior dan Project Manager. Dalam peran ini, Kartika bertanggung jawab atas perencanaan, pengelolaan, dan pelaporan penelitian serta kegiatan yayasan.

Sebelumnya, dari tahun 2014 hingga saat ini, Kartika juga bekerja sebagai Marketing and Communication Consultant. Dalam kapasitas ini, ia membantu berbagai bisnis dan organisasi dalam menciptakan serta mengimplementasikan rencana komunikasi yang efektif untuk mencapai target audiens dan tujuan mereka.

Pada periode 2010-2012, Kartika bekerja di Ideja-Suigeneris di Jakarta sebagai Manajer Akun. Di sana, ia mengelola aktivitas dan program pemasaran serta komunikasi untuk para klien perusahaan.

Selain itu, pada tahun 2010-2011, Kartika juga pernah bekerja bersama Universitas Indonesia sebagai Peneliti & Pengorganisir Komunitas. Dalam peran ini, ia melakukan penelitian di komunitas, mendampingi mereka dalam perencanaan, dan mengkoordinasikan kegiatan komunitas tersebut.

Pada tahun 2024, Kartika Pamungkas memberikan konsultasi kepada PR Konsorsium Penabulu-STPI dalam merumuskan strategi komunikasi internal yang efektif untuk konsorsium tersebut. Tahun sebelumnya, pada 2023, Kartika memberikan konsultasi kepada sebuah kelompok penyanyi remaja untuk pemasaran di media sosial. Strategi yang direkomendasikan Kartika menghasilkan peningkatan jangkauan yang signifikan, mencapai lebih dari 100% dalam waktu hanya 2 bulan.

Selain itu, pada tahun 2012, Kartika berkolaborasi dengan Jepara Forest Conservancy untuk memfasilitasi lebih dari 50 petani dalam menanam kembali hutan. Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan kualitas lingkungan, tetapi juga kesejahteraan ekonomi para petani.

Di tahun yang sama, Kartika juga menjadi bagian dari tim sosialisasi kesehatan di Universitas Indonesia. Dalam peran ini, ia mengorganisir acara pendidikan untuk 70 perempuan yang bertanggung jawab dalam pemeriksaan jentik nyamuk, dengan kehadiran kepala desa setempat.

Sebelumnya, saat bekerja di Ogilvy and Mather Advertising, Kartika dan timnya merencanakan serta mengkoordinasikan kampanye kesadaran kesehatan untuk klien. Kampanye tersebut berhasil menarik lebih dari 1.000 peserta dan meningkatkan penjualan produk terkait sebesar 30%.

Afiliasi Organisasi: Yayasan Penabulu

Yayasan Penabulu Foundation, didirikan di Jakarta pada 2002, telah berkembang menjadi pemimpin dalam memperkuat kapasitas organisasi masyarakat sipil di Indonesia. Awalnya fokus pada pengelolaan keuangan, yayasan ini berevolusi selama periode 2010-2014 dengan menekankan manajemen, teknologi, dan pendanaan. Periode baru (2015-sekarang) melihat Penabulu meredefinisi masyarakat sipil dan mengambil peran sebagai organisasi sumber daya, mengakui keberagaman entitas sebagai bagian integral dari masyarakat sipil. Mereka berkomitmen untuk memobilisasi, mengelola, dan menyalurkan sumber daya demi mendukung keberlanjutan masyarakat sipil di seluruh Indonesia. Dengan nilai-nilai transparansi, akuntabilitas, dan kolaborasi, Penabulu terus menjadi pionir dalam membangun masyarakat sipil yang kuat dan inklusif.